Selasa, 13 Maret 2012

Satuan Layanan Bimbingan Dan Konseling Belajar

SATUAN LAYANAN
 BIMBINGAN  DAN KONSELING
=======================================================

Sekolah                                                : SMK Negeri 2 SALATIGA
Kelas                                                   : X
Semester /tahun                                    : 2/2011-2012
Hari/Tanggal                                         : Rabu,07 Maret 2012
Alokasi waktu                                      :1 x 45 menit
Tempat                                                : Ruang kelas X
Layanan                                               : Layanan informasi
Bidang                                                 : Belajar
Judul/spesifikasi Layanan                      : Managemen waktu
Fungsi layanan                                      : Pengembangan
A.     Tujuan Layanan                                   :
1.         Siswa mengetahui cara mengatur waktu belajar
2.         Dapat mengatur waktu sesuai dengan kebutuhan belajar
3.         Siswa mampu mengatur waktu dalam kehidupan sehari-hari dengan membuat agenda-agenda harian atau jadwal.
B.     Materi                                      : Terlampir
C.     Metode                                    : Ceramah, permainan( terlampir)
D.     Kegiatan awal                           : Menyiapkan siswa secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses kegiatan
a.       Mengucapkan salam pada siswa
b.      Memeriksa situasi dan kondisi kelas.
c.       Memeriksa kehadiran siswa
Kegiatan inti     :
1.      Eksplorasi
·        Pembimbing menginformasikan materi yang akan disampaikan.
·        Pembimbing menjelaskan tujuan materi.
·        Guru Pembimbing :
1.      Membuat suatu permainan mengenai mengatur waktu dalam kegiatan sehari-hari dengan menggunakan batu besar, kerikil, pasir, air dan botol aqua gelas.
2.      Menjelaskan mengenai makna permainan dan evaluasi tentang permainan
·        Siswa :
1.      Siswa mengikuti permainan sesuai dengan peraturan yang ada.
2.      Menyimpulkan jalannya permainan
2.      Elaborasi
·        Pembimbing memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir dalam memanage waktu.
·        Siswa memulai permainan.
·        Siswa  membacakan hasil yang dieroleh setlah mengikuti permaian.
·        Pembimbing memfasilitasi interaksi antar siswa dan antar siswa dengan pembimbing.
3.      Konfirmasi
·        Pembimbing memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi .
·        Pembimbing menjawab pertanyaan siswa yang mengalami kesulitan
·        Pembimbing  membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa.
·        Pembimbing memberikan motivasi kepada siswa.
   Kegiatan akhir           :
·        Siswa diminta untuk menyampaikan manfaat yang telah diperoleh, setelah menerima layanan informasi.
·        Siswa diberi kesempatan untuk merefleksikan pengalaman belajarnya, pembimbing bersama siswa membuat kesimpulan.
·        Pembimbing menyampaikan harapannya setelah siswa menerima materi layanan.
E.      Alat dan media : Media ( LCD), alat dan bahan permainan( batu besar , batu kerikil, air, botol aqua gelas)
F.      Rencana penilaian dan tindak lanjut
Penilaian proses
Mengamati perhatian ,respon dan aktifasi siswa saat kegiatan layanan berlangsung dengan melontarkan pertanyaan kepada siswa
Penilaian hasil
·        Laiseg
Mengamati respon , antusiaas siswa mengikuti proses layanan .
·        Laijapen
Dengan melihat perubahan-perubahan yang ada  pada diri siswa setelah mendapatkan materi layanan yang telah diberikan oleh pembimbing selama 1 minggu, pembimbing menngamati apa yang telah menjadi kendala dalam proses tersebut dan memberikan evaluasi serta membuat dugaan sementara.
·        Laijapang
Pembimbing mengevaluasi  serta melakukan interview kepada siswa dalam waktu 1 bulan untuk menilai tindakan siswa dalam memanage waktu.
G.     Sumber                        :  Internet
H.     Biaya                            : -
I.        Pendidikan karakter      : Melatih kedisiplinan




Mengetahui                                                                                     Salatiga,07 Maret 2012
Kepala Sekolah                                                                              Perencana Layanan

_______________                                                                        _________________
(                             )                                                                       (                                   )
NIP.                                                                                               NIP.







MANAJEMEN WAKTU

Waktu adalah uang (times is money) bagi orang Barat. Waktu adalah pedang bagi orang Arab. Kedua kalimat itu membuktikan betapa pentingnya waktu sehingga orang tidak rugi dengan waktunya. Sungguh kita akan rugi jika tidak menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya. Waktu harus dikelola dengan baik. Berikut adalah uraian tentang menejemen waktu yang mencerahkan Anda untuk dapat mengelola waktu dengan baik. Selamat membaca .... !

Dalam satu hari kita mempunyai waktu 24 jam, tetapi sebagian kita ada yang sukses dan ada yang gagal, orang yang sama-sama 30 tahun, yang satu sukses, yang satu gagal, padahal punya waktu yang sama. Apa rahasianya, salah satunya adalah kepAndaian dalam menggunakan waktu atau menggunakan waktu dengan cerdas dan bijak. Memanfaatkan masa muda sebelum tiba masa tua, masa longgar sebelum masa sibuk, masa hidup sebelum mati, dan sejenisnya. Kalau kita pAndai menggunakan waktu dengan baik, cerdas dan bijak, tentu peluang dan kekayaan akan lebih mudah untuk kita dapatkan.


Apakah Menejemen Waktu itu ?
Waktu adalah komoditas yang berharga, sesuatu yang perlu dikelola dengan baik. Setiap orang memiliki tengat yang harus dipenuhi, baik berupa kegiatan yang membosankan seperti menunggu bus agar tidak ketinggalan atau kegiatan penting seperti menyelesaikan tugas harus tepat waktu. Tekanan waktu selalu kita rasakan, tetapi sayangnya begitu banyak waktu yang terbuang dalam bentuk penundaan. Kita sering merasa seolah-olah tidak memiliki cukup banyak waktu untuk menyelesaikan segala sesuatu yang harus dikerjakan, tetapi apakah masalah sebenarnya ?
            Pikirkan sejenak, betapa seringnya kita menggunakan kata “waktu” dalam kosakata dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghemat waktu, menggunakan waktu, membuang-buang waktu, menghabiskan waktu, dan lain-lain. Kata-kata itu lebih dekat dengan pengelolaan waktu. Mungkin Anda merasa bahwa mengelola waktu bukan sesuatu yang dapat Anda lakukan. Tetapi mungkin itu merupakan hal paling membangun yang dapat Anda lakukan terhadap seluruh waktu yang Anda miliki. Yang penting dalam mengelola waktu adalah bagaimana Anda memanfaatkan waktu, bagaimana Anda mengelola diri sendiri dengan waktu yang tersedia. Hal tersebut juga disebut dengan “menejemen waktu” yang berbicara tentang bagaimana meningkatkan efisiensi waktu dan menjadikan waktu lebih produktif.
Bagaimana Mengelola Waktu ?
Pengelolaan waktu merupakan suatu keterampilan. Seseorang tidak mungkin memiliki kematangan dalam pengelolaan waktu tanpa terlatih. Latihan memerlukan ketekunan dan kemauan. 8 (delapan) tips mengelola waktu :
1.   Lacak aktifitas Anda.
Kebanyakan kita akan menemukan waktu 3 (tiga) jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat kita gunakan untuk hal yang lebih membangun atau bertindak yang efisien. Kurangi waktu yang digunakan untuk bertelepon, membolak-balik majalah, surfing di web yang tak menghasilkan sesuatu yang kurang berharga, dan kegiatan-kegiatan yang tidak penting.
2.   Berkonsentrasi pada hasil
Banyak orang melewatkan waktu sepanjang hari dengan aktivitas yang hiruk-pikuk, tapi hanya sedikit membahkan hasil. Itu semua terjadi karena mereka tak berkonsentrasi pada hal yang benar. Dengan lebih berkonsentrasi pada sedikit prioritas utama secara teratur, Anda akan dapat mencapai lebih banyak hal dalam waktu singkat.
3.   Ingat prinsip 80/20 .
Aktivitas Anda akan memberi Anda 80 % dalam bentuk hasil. Tujuan Anda adalah mengubah ini untuk memastikan kalau Anda berkonsentrasi sebanyak usaha yang mungkin Anda lakukan untuk hasil tertinggi dari tujuan.
4.   Jangan menangguhkan
Lakukan saat ini juga. Cara untuk mencegah penundaan adalah dengan menentukan deadline waktu untuk tujuan yang harus dicapai.
5.   Gunakan waktu perjalanan dengan bijaksana
Bila Anda naik bus, kereta, atau menyetir mobil sendiri, dapat menyediakan kesempatan untuk membuat penggunaan waktu ;lebih efektif dan memperbaiki keterampilan dan lebih produktif.
6.   Merespon dengan cepat
Ketika memungkinkan, lakukan tindakan pada hari yang sama saat Anda menerimanya. Jangan biarkan komputer, meja dan pikiran Anda jadi tertumpuk dengan hal yang tak berguna.
7.   Bersikap tegas
Belajarlah berkata tidak pada orang lain. Waktu Anda sangat berharga. Jadi jangan biarkan orang lain menentukan atau memanfaatkan Anda untuk kepentingan rencana mereka. Batasi gangguan sebisa mungkin. Tutup pintu Anda. Matikan nada dering telepon atau minta dengan terus terang agar Anda tidak diganggu.
8.   Jadwalkan waktu untuk bersantai.
Saat Anda mengatur waktu, pastikan untuk menyisihkan saat untuk bersantai.



Materi permainan Magemen waktu
A. Alat yang digunakan :
·        Batu besar
·        Batu kerikil
·        Pasir
·        Air
·        Botol aqua gelas
B. Cara Bermain :
            Membagi siswa menjadi 4 kelompok, masing-masing diberi bahan-bahan untuk kegiatan. Kelompok diberi kebebasan untuk memasukkan bahan-bahan sesuai dengan pemikiran mereka.
1.      Masing - masing wakil kelompok memberikan kesimpulan kegiatan yang mereka lakukan
2.      Guru praktikan memberikan materi penjelasan dan membuat kesimpulan

C.  Evaluasi

Permainan analogi ini bisa dijelaskan sebagai berikut:
            Botol gelas aqua adalah ibarat jumlah waktu dalam sehari yaitu 24 jam, batu besar adalah kegiatan utama kita seperti sekolah, belajar, ikut bimbingan belajar dan beribadah. Batu kerikil, pasir, dan air adalah kegiatan selingan seperti les, bermain dengan teman, internetan, facebook, chating, main PS, nonton film, nonton TV, istirahat, tidur, makan , minum.
            Apabila kita memasukkan kerikil, pasir dan air terlebih dahulu lalu batu besar, maka batu besar tidak akan masuk. Tetapi apabila kita memasukkan batu besar terlebih dahulu maka batu kerikil, pasir dan air akan bisa masuk. Dengan demikian, dalam kegiatan sehari-hari kita harus mengerjakan kegiatan yang utama terlebih dahulu kemudian diisi dengan kegiatan selingan sehingga kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik.
JIKA BATU BESAR BUKAN PERTAMA KALI YANG KAMU MASUKKAN MAKA KAMU TIDAK AKAN PERNAH DAPAT MEMASUKKAN BATU BESAR ITU KEDALAM TOPLES TERSEBUT.
           
Ingatlah untuk selalu meletakkan batu-batu besar yang pertama atau kamu tidak akan pernah punya waktu untuk memperhatikannya. Jika kamu mendahulukan hal-hal kecil dalam prioritas waktumu maka kamu hanya memenuhi hidupmu dengan hal-hal yang kecil, kamu tidak akan punya waktu untuk melakukan hal-hal yang besar dan berharga dalam hidupmu. 



Pedoman diskusi:
1. Apa yang kamu peroleh setelah melakukan permainan tadi ?
2. Apa yang membuat kamu bisa melakukan  permainan tadi ?
3.Bagaimana perasaanmu setelah melakukan kegiatan permainan tadi?
4. Kesan tentang permainan tadi?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar