SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
=======================================================
Sekolah
: SMK Negeri 2 SALATIGA
Kelas
: X
Semester /tahun
: 2/2011-2012
Hari/Tanggal
: Rabu,07
Maret 2012
Alokasi waktu
:1 x 45
menit
Tempat
: Ruang kelas X
Layanan
: Layanan informasi
Bidang
: Belajar
Judul/spesifikasi
Layanan
: Managemen
waktu
Fungsi layanan
: Pengembangan
A. Tujuan Layanan
:
1.
Siswa mengetahui cara
mengatur waktu belajar
2.
Dapat mengatur waktu sesuai
dengan kebutuhan belajar
3.
Siswa mampu mengatur waktu
dalam kehidupan sehari-hari dengan membuat agenda-agenda harian atau jadwal.
B. Materi
: Terlampir
C. Metode
: Ceramah,
permainan( terlampir)
D. Kegiatan
awal
: Menyiapkan
siswa secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses kegiatan
a.
Mengucapkan salam pada siswa
b.
Memeriksa situasi dan kondisi
kelas.
c.
Memeriksa kehadiran siswa
Kegiatan
inti :
1.
Eksplorasi
· Pembimbing menginformasikan materi yang akan
disampaikan.
· Pembimbing menjelaskan tujuan materi.
· Guru Pembimbing :
1.
Membuat suatu permainan
mengenai mengatur waktu dalam kegiatan sehari-hari dengan menggunakan batu
besar, kerikil, pasir, air dan botol aqua gelas.
2.
Menjelaskan mengenai makna
permainan dan evaluasi tentang permainan
· Siswa :
1.
Siswa mengikuti permainan
sesuai dengan peraturan yang ada.
2.
Menyimpulkan jalannya
permainan
2.
Elaborasi
· Pembimbing memberikan kesempatan kepada siswa
untuk berpikir dalam memanage waktu.
· Siswa memulai permainan.
· Siswa membacakan hasil yang dieroleh setlah
mengikuti permaian.
· Pembimbing memfasilitasi interaksi antar siswa dan
antar siswa dengan pembimbing.
3.
Konfirmasi
· Pembimbing memberikan umpan balik terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi .
· Pembimbing menjawab pertanyaan siswa yang
mengalami kesulitan
· Pembimbing membantu menyelesaikan masalah
yang dihadapi siswa.
· Pembimbing memberikan motivasi kepada siswa.
Kegiatan akhir :
· Siswa diminta untuk menyampaikan manfaat yang
telah diperoleh, setelah menerima layanan informasi.
· Siswa diberi kesempatan untuk merefleksikan
pengalaman belajarnya, pembimbing bersama siswa membuat kesimpulan.
· Pembimbing menyampaikan harapannya setelah siswa
menerima materi layanan.
E. Alat dan media : Media ( LCD), alat dan bahan permainan( batu besar , batu
kerikil, air, botol aqua gelas)
F. Rencana penilaian dan tindak lanjut
Penilaian proses
Mengamati
perhatian ,respon dan aktifasi siswa saat kegiatan layanan berlangsung dengan
melontarkan pertanyaan kepada siswa
Penilaian hasil
· Laiseg
Mengamati respon , antusiaas siswa
mengikuti proses layanan .
· Laijapen
Dengan melihat perubahan-perubahan yang
ada pada diri siswa setelah mendapatkan materi layanan yang telah
diberikan oleh pembimbing selama 1 minggu, pembimbing menngamati apa yang telah
menjadi kendala dalam proses tersebut dan memberikan evaluasi serta membuat
dugaan sementara.
· Laijapang
Pembimbing mengevaluasi serta
melakukan interview kepada siswa dalam waktu 1 bulan untuk menilai tindakan
siswa dalam memanage waktu.
G. Sumber
: Internet
H. Biaya
: -
I. Pendidikan karakter
: Melatih kedisiplinan
Mengetahui
Salatiga,07 Maret 2012
Kepala
Sekolah
Perencana Layanan
_______________
_________________
(
)
(
)
NIP.
NIP.
MANAJEMEN WAKTU
Waktu adalah uang (times is money) bagi orang Barat. Waktu adalah pedang bagi orang Arab. Kedua kalimat itu membuktikan betapa pentingnya waktu sehingga orang tidak rugi dengan waktunya. Sungguh kita akan rugi jika tidak menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya. Waktu harus dikelola dengan baik. Berikut adalah uraian tentang menejemen waktu yang mencerahkan Anda untuk dapat mengelola waktu dengan baik. Selamat membaca .... !
Dalam satu hari kita mempunyai waktu 24 jam, tetapi sebagian kita ada yang sukses dan ada yang gagal, orang yang sama-sama 30 tahun, yang satu sukses, yang satu gagal, padahal punya waktu yang sama. Apa rahasianya, salah satunya adalah kepAndaian dalam menggunakan waktu atau menggunakan waktu dengan cerdas dan bijak. Memanfaatkan masa muda sebelum tiba masa tua, masa longgar sebelum masa sibuk, masa hidup sebelum mati, dan sejenisnya. Kalau kita pAndai menggunakan waktu dengan baik, cerdas dan bijak, tentu peluang dan kekayaan akan lebih mudah untuk kita dapatkan.
Apakah Menejemen Waktu itu ?
Waktu adalah komoditas yang berharga, sesuatu yang
perlu dikelola dengan baik. Setiap orang memiliki tengat yang harus dipenuhi,
baik berupa kegiatan yang membosankan seperti menunggu bus agar tidak
ketinggalan atau kegiatan penting seperti menyelesaikan tugas harus tepat
waktu. Tekanan waktu selalu kita rasakan, tetapi sayangnya begitu banyak waktu
yang terbuang dalam bentuk penundaan. Kita sering merasa seolah-olah tidak
memiliki cukup banyak waktu untuk menyelesaikan segala sesuatu yang harus dikerjakan,
tetapi apakah masalah sebenarnya ?
Pikirkan
sejenak, betapa seringnya kita menggunakan kata “waktu” dalam kosakata dalam
kehidupan sehari-hari, seperti menghemat waktu, menggunakan waktu,
membuang-buang waktu, menghabiskan waktu, dan lain-lain. Kata-kata itu lebih
dekat dengan pengelolaan waktu. Mungkin Anda merasa bahwa mengelola waktu bukan
sesuatu yang dapat Anda lakukan. Tetapi mungkin itu merupakan hal paling
membangun yang dapat Anda lakukan terhadap seluruh waktu yang Anda miliki. Yang
penting dalam mengelola waktu adalah bagaimana Anda memanfaatkan waktu,
bagaimana Anda mengelola diri sendiri dengan waktu yang tersedia. Hal tersebut
juga disebut dengan “menejemen waktu” yang berbicara tentang bagaimana
meningkatkan efisiensi waktu dan menjadikan waktu lebih produktif.
Bagaimana Mengelola Waktu ?
Pengelolaan waktu merupakan suatu keterampilan. Seseorang tidak mungkin
memiliki kematangan dalam pengelolaan waktu tanpa terlatih. Latihan memerlukan
ketekunan dan kemauan. 8 (delapan) tips mengelola waktu :
1. Lacak aktifitas Anda.
Kebanyakan kita akan menemukan waktu 3
(tiga) jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat kita gunakan untuk hal yang
lebih membangun atau bertindak yang efisien. Kurangi waktu yang digunakan untuk
bertelepon, membolak-balik majalah, surfing di web yang tak menghasilkan
sesuatu yang kurang berharga, dan kegiatan-kegiatan yang tidak penting.
2. Berkonsentrasi pada hasil
Banyak orang melewatkan waktu sepanjang
hari dengan aktivitas yang hiruk-pikuk, tapi hanya sedikit membahkan hasil. Itu
semua terjadi karena mereka tak berkonsentrasi pada hal yang benar. Dengan
lebih berkonsentrasi pada sedikit prioritas utama secara teratur, Anda akan
dapat mencapai lebih banyak hal dalam waktu singkat.
3. Ingat prinsip 80/20 .
Aktivitas Anda akan memberi Anda 80 %
dalam bentuk hasil. Tujuan Anda adalah mengubah ini untuk memastikan kalau Anda
berkonsentrasi sebanyak usaha yang mungkin Anda lakukan untuk hasil tertinggi
dari tujuan.
4. Jangan menangguhkan
Lakukan saat ini juga. Cara untuk mencegah
penundaan adalah dengan menentukan deadline waktu untuk tujuan yang harus
dicapai.
5. Gunakan waktu perjalanan dengan
bijaksana
Bila Anda naik bus, kereta, atau menyetir
mobil sendiri, dapat menyediakan kesempatan untuk membuat penggunaan waktu
;lebih efektif dan memperbaiki keterampilan dan lebih produktif.
6. Merespon dengan cepat
Ketika memungkinkan, lakukan tindakan pada
hari yang sama saat Anda menerimanya. Jangan biarkan komputer, meja dan pikiran
Anda jadi tertumpuk dengan hal yang tak berguna.
7. Bersikap tegas
Belajarlah berkata tidak pada orang lain. Waktu Anda sangat berharga. Jadi jangan
biarkan orang lain menentukan atau memanfaatkan Anda untuk kepentingan rencana
mereka. Batasi gangguan sebisa mungkin. Tutup pintu Anda. Matikan nada dering
telepon atau minta dengan terus terang agar Anda tidak diganggu.
8. Jadwalkan waktu untuk bersantai.
Saat Anda mengatur waktu, pastikan untuk
menyisihkan saat untuk bersantai.
Materi permainan Magemen waktu
A. Alat yang digunakan :
· Batu besar
· Batu kerikil
· Pasir
· Air
· Botol aqua gelas
B. Cara Bermain :
Membagi
siswa menjadi 4 kelompok, masing-masing diberi bahan-bahan untuk kegiatan. Kelompok
diberi kebebasan untuk memasukkan bahan-bahan sesuai dengan pemikiran mereka.
1. Masing - masing wakil kelompok memberikan kesimpulan kegiatan yang mereka
lakukan
2. Guru praktikan memberikan materi penjelasan dan membuat kesimpulan
C. Evaluasi
Permainan analogi
ini bisa dijelaskan sebagai berikut:
Botol gelas aqua adalah ibarat jumlah waktu dalam sehari yaitu 24 jam, batu
besar adalah kegiatan utama kita seperti sekolah, belajar, ikut bimbingan
belajar dan beribadah. Batu kerikil, pasir, dan air adalah kegiatan selingan
seperti les, bermain dengan teman, internetan, facebook, chating, main PS,
nonton film, nonton TV, istirahat, tidur, makan , minum.
Apabila kita memasukkan kerikil, pasir dan air terlebih dahulu lalu batu besar,
maka batu besar tidak akan masuk. Tetapi apabila kita memasukkan batu besar
terlebih dahulu maka batu kerikil, pasir dan air akan bisa masuk. Dengan
demikian, dalam kegiatan sehari-hari kita harus mengerjakan kegiatan yang utama
terlebih dahulu kemudian diisi dengan kegiatan selingan sehingga kita dapat
memanfaatkan waktu dengan baik.
JIKA BATU BESAR
BUKAN PERTAMA KALI YANG KAMU MASUKKAN MAKA KAMU TIDAK AKAN PERNAH DAPAT
MEMASUKKAN BATU BESAR ITU KEDALAM TOPLES TERSEBUT.
Ingatlah
untuk selalu meletakkan batu-batu besar yang pertama atau kamu tidak akan
pernah punya waktu untuk memperhatikannya. Jika kamu mendahulukan hal-hal kecil
dalam prioritas waktumu maka kamu hanya memenuhi hidupmu dengan hal-hal yang
kecil, kamu tidak akan punya waktu untuk melakukan hal-hal yang besar dan
berharga dalam hidupmu.
Pedoman diskusi:
1. Apa yang kamu peroleh setelah melakukan permainan tadi ?
2. Apa yang membuat kamu bisa melakukan permainan tadi ?
3.Bagaimana perasaanmu setelah melakukan kegiatan permainan
tadi?
4. Kesan tentang permainan tadi?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar