Kamis, 15 Maret 2012

Laporan Pelaksanaan Satuan Layanan BK Belajar


LAPORAN PELAKSANAAN SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR
=========================================================

Kompetensi                 : Cara memanage waktu
Tujuan                           :Peserta didik dapat membuat suatu planniing untuk memulai suatu kegiatan dan merencanakan mengambil  untuk meraih tujuan bersama
Waktu                         : 1 x 45 menit
Tingkatan Kelas          : SMK kelas X
Format Kegiatan         : Permainan kelompok
Alat bantu/bahan         : A. Alat yang digunakan :
·         Batu besar
·         Batu kerikil
·         Pasir
·         Air
·         Botol aqua gelas


Tahapan Kegiatan
Kegiatan awal               : Guru BK atau Konselor menekankan bagaimana pentingnya  mengatur waktu untuk mencapai tujuan dalam merencanakan sesutu rencana bersama serta pembimbing memberi memotivasi kepada  peserta didik dengan penuh semangat.
Kegiatan inti                 : Guru BK atau konselor  menjelaskan tahap-tahap permainan. Kemudian, peserta didik membagi diri  menjadi beberapa kelompok  berdasarkan  nomor urut ganjil vs ganjil , genap vs genap. Setelah itu peserta didik memulai permainan yang telah dijelaskan .
Cara Bermain :
            Membagi siswa menjadi 4 kelompok, masing-masing diberi bahan-bahan untuk kegiatan. Kelompok diberi kebebasan untuk memasukkan bahan-bahan sesuai dengan pemikiran mereka.
1.      Masing - masing wakil kelompok memberikan kesimpulan kegiatan yang mereka lakukan
2.      Guru praktikan memberikan materi penjelasan dan membuat kesimpulan


Kegiatan akhir              : Guru BK atau Konselor  memberikan umpan balik terhadap hasil yang diperoleh dari permainan yang telah dimainkan . Peserta didik bersama pembimbing  menyimpulkan apa yang menjadi kendala serta manfaat- manfaat apa saja yang sudah diperoleh dari permainan tadi. Setelah pembimbing mengetahui keluhan dari peserta didiknya , pembimbing memberikan motivasi  kepada  peserta didik  dalam meningkatkan  ataupun cara – cara mengatur waktu  yang baik  .

Evaluasi               : Botol gelas aqua adalah ibarat jumlah waktu dalam sehari yaitu 24 jam, batu besar adalah kegiatan utama kita seperti sekolah, belajar, ikut bimbingan belajar dan beribadah. Batu kerikil, pasir, dan air adalah kegiatan selingan seperti les, bermain dengan teman, internetan, facebook, chating, main PS, nonton film, nonton TV, istirahat, tidur, makan , minum.
            Apabila kita memasukkan kerikil, pasir dan air terlebih dahulu lalu batu besar, maka batu besar tidak akan masuk. Tetapi apabila kita memasukkan batu besar terlebih dahulu maka batu kerikil, pasir dan air akan bisa masuk. Dengan demikian, dalam kegiatan sehari-hari kita harus mengerjakan kegiatan yang utama terlebih dahulu kemudian diisi dengan kegiatan selingan sehingga kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik.
JIKA BATU BESAR BUKAN PERTAMA KALI YANG KAMU MASUKKAN MAKA KAMU TIDAK AKAN PERNAH DAPAT MEMASUKKAN BATU BESAR ITU KEDALAM TOPLES TERSEBUT.
           
Ingatlah untuk selalu meletakkan batu-batu besar yang pertama atau kamu tidak akan pernah punya waktu untuk memperhatikannya. Jika kamu mendahulukan hal-hal kecil dalam prioritas waktumu maka kamu hanya memenuhi hidupmu dengan hal-hal yang kecil, kamu tidak akan punya waktu untuk melakukan hal-hal yang besar dan berharga dalam hidupmu.



Mengetahui                                                                                   Salatiga,07 Maret 2012
Kepala Sekolah                                                                             Perencana Layanan

_______________                                                                        _________________
(                             )                                                                       (                                   )
NIP.                                                                                              NIP.
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar